Sabtu, 27 September 2014

Aroma Dan Rasa Kopi Aceh


Aceh dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia dengan produksi kopi terbesar. Maka dari itu, jika kita mengaku sebagai pecinta kopi, Kopi Aceh Gayo ini patut sekali untuk dicicipi. Selain karena aromanya yang dahsyat, cara penyajian Kopi ini pun cukup menarik untuk disimak.

Kopi Aceh Gayo dibuat dengan cara khusus ala Tanah Rencong. Yaitu diseduh dengan air panas dan kemudian disaring. Ini dimaksudkan agar hasil dari kopi, kental dan juga berkualitas. Oleh sebagian orang, Kopi Aceh Gayo dipercaya bisa menjadi penambah kekuatan atau stamina tubuh. Disebut-sebut, Kopi ini pun mempunyai kandungan antitoksin yang bisa membuat kulit kencang.

Nah, agar kesemua khasiat dari cara penyajian Kopi Aceh Gayo ini bisa kita rasakan, ada beberapa aturan minum yang harus diikuti. Yaitu kopi tidak boleh dicampur dengan gula saat sedang dalam keadaan benar-benar panas. Jadi, kopi harus mempunyai rasa pahit yang asli.

Hal ini dikarenakan rasa manis hasil campuran dari gula dipercaya bisa merusak dan melunturkan kadar nutrisi dan gizi kopi seperti yang disebutkan di atas. Untuk soal rasa, tidak perlu kita ragukan. Karena kualitas Kopi Aceh Gayo ini menduduki rangking 3 di seluruh daratan Asia.

Faktor yang disebut sebagai penentu kualitas kopi ini adalah dari kondisi tipografi daerah penanaman kopi. Yaitu di dataran tinggi Gayo. Ditaman dalam ketinggian sekitar 1.200 mdpl, membuat citarasa Kopi Aceh Gayo berbeda. Lebih kuat dan memikat. Baik dari segi aroma maupun rasa.

Untuk bisa mendapatkan rasa sempurna Kopi ini, sebaiknya kita menggunakannya untuk berkumur. Lalu menahannya di mulut terlebih dahulu sebelum menelannya. Tujuannya, untuk memicu saraf agar terangsang dan mendapatkan rasa maksimal dari kopi.

Biasanya, cara penyajian Kopi Gayo Aceh ini juga bisa kita nikmati dengan campuran berbagai bahan racikan. Seperti pinang, kuning telur, kedelai, ketan hitam dan juga gula merah.

www.waktunyakapalapi.com

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 komentar: